Image of Pengenalan Sel-Sel Darah Pada Anatomi Tubuh Manusia  Berbasis Virtual Reality

Skripsi

Pengenalan Sel-Sel Darah Pada Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Virtual Reality



ABSTRAK
MUH PUTRA SYAHBANI ARFA, Perancangan Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Pengenalan Sel-Sel Darah Pada Anatomi Tubuh Manusia (dibimbing oleh Andryanto. A dan Khaidir Rahman).
Materi pengenalan sel-sel darah ini sangat penting karena berkaitan langsung dengan pemahaman dan penanganan berbagai macam penyakit, dengan mengenal sel-sel darah kita dapat mempelajari dan menjaga diri agar dapat terhindar dari penyakit, namun, materi ini seringkali sulit dipahami hanya dengan menggunakan buku atau gambar statis. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami sel-sel darah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi berbasis virtual reality pada pembelajaran pengenalan sel-sel darah pada anatomi tubuh manusia pada SMAN 18 Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dalam penelitian ini perancangan aplikasi berbasis virtual reality dilakukan agar siswa dapat mempelajari sel-sel darah dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Penelitian ini menghasilkan aplikasi pembelajaran berbasis virtual reality untuk pengenalan sel-sel darah pada anatomi tubuh manusia, aplikasi ini dibuat agar siswa dapat mempelajari sel-sel darah dengan cara yang lebih interaktif dengan menggunakan virtual reality sebagai basis media pembelajaran, dengan adanya aplikasi ini siswa lebih mudah memahami materi sel-sel darah dengan lebih baik yang sulit di gambarkan oleh media statis. Aplikasi ini telah diimplementasikan menjadi file APK yang diterapkan pada platform Android dan telah diuji kepada siswa SMAN 18 Makassar. Hasil pengujian pengguna diperoleh melalui uji kuesioner yang menunjukkan hasil tingkat kepuasan pengguna sebesar 88%.
Kata kunci : Virtual Reality (VR), Sel-Sel Darah, Unity 3D, 3D Modelling, VR Box, Multimedia Developmet Life Cycle (MDLC).


Ketersediaan

2684/SKR-Ti/AKBA/24SKR/TI/2023 REF MUH pPerpustakaan STMIK AKBA (A/779)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR MUH p
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xiv + 70 hlm.; ilus.: 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF MUH p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Andryanto. A Dan Pembimbing II: Khaidir Rahman Nasir
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this