Image of Klasifikasi Penjualan Produk Pada PT. Arta Boga Cemerlang Menggunakan Algoritma C5.0

CD Skripsi

Klasifikasi Penjualan Produk Pada PT. Arta Boga Cemerlang Menggunakan Algoritma C5.0



ABSTRAK

M.ALIEF RUSLAN, Klasifikasi Penjualan Produk Pada PT.Arta Boga Cemerlang Menggunakan Algoritma C5.0 (dibimbing oleh Andi Yulia Muniar dan Amran Amiruddin).

Permasalahan yang terjadi adalah kenaikan penjualan produk yang tidak terduga seringkali mempengaruhi ketersediaan produk. Minat konsumen yang berubah-ubah membuat perusahaan sulit menentukan produk mana yang akan laku dan kurang laku. Untuk itu perusahaan memerlukan dalam memprediksi produk yang akan laku dan kurang laku di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi penjualan produk dan mengetahui tingkat akurasi hasil klasifikasi penjualan produk pada PT. Arta Boga Cemerlang. Data ini diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka. Dalam usaha memaksimalkan penjualan produk, perusahaan melakukan pengklasifikasian dan prediksi penjualan produk. Dibutuhkan teknik klasifikasi dan prediksi data mining untuk memprediksi produk yang akan laku dan kurang laku di masa mendatang. Metode klasifikasi yang digunakan adalah Decision Tree karena merupakan teknik yang banyak digunakan dan menghasilkan aturan serta pohon keputusan yang dibutuhkan. Algoritma yang digunakan adalah C5.0. Hasil akurasi yang didapat adalah sebesar 62,82%. Dengan data mining menggunakan Algoritma C5.0 dapat mempercepat waktu pengambilan keputusan dalam prediksi produk mana yang akan laku dan kurang laku.



Kata kunci : data mining, algoritma C5.0, klasifikasi, decision tree, produk


Ketersediaan

2526/CD/SKR-Ti/23CD/SKR/TI/2023 REF MAL kPerpustakaan STMIK AKBA (A/719)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
CDSKR MAL k
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF MAL k
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Andi Yulia Muniar Dan Pembimbing II: Amran Amiruddin
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this