Image of Pengembangan Model Pembelajaran Bauran Berbasis Microlearning Untuk Mata Kuliah Algoritma Pemrograman Di Perguruan Tinggi

Referensi

Pengembangan Model Pembelajaran Bauran Berbasis Microlearning Untuk Mata Kuliah Algoritma Pemrograman Di Perguruan Tinggi



ABSTRAK

SYAHARULLAH DISA (2022), Pengembangan Model Pembelajaran Bauran Berbasis Microlearning Untuk Mata Kuliah Algoritma Pemrograman di Perguruan Tinggi (Dibimbing oleh Promotor Purnamawati serta Kopromotor A. Muhammad Idkhan)
Pembelajaran bauran semestinya dapat menjadikan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran dan mandiri dalam melakukan akuisisi pengetahuan dan skill. Namun fenomena yang terjadi pembelajaran bauran saat ini terutama di masa pandemi belum dapat meningkatkan pengetahuan dan skill kerja mahasiswa. Di masa depan skill teknologi informasi dan pemrograman komputer sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, oleh karena itu kemampuan tentang algoritma dan bahasa pemrograman perlu dikuasai oleh lulusan pendidikan vokasional kususnya bidang ilmu informatika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran bauran berbasis microlearning untuk mata kuliah algoritma pemrograman. Subjek penelitian ini mahasiswa semester 1 Program Studi Teknik Informatika Universitas Teknologi Akba Makassar dengan jumlah mahasiswa sebanyak 25 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan dengan mengadaptasi pengembangan ADDIE, 4D, PPE, dan Borg and Gall. Tahapan yang ditempuh, yaitu (1) analisis masalah, (2) analisis kebutuhan, (3) pengembangan model. (4) validasi, (5) uji coba, (6) revisi, (7) evaluasi efektifitas, (8) diseminasi. Untuk mengukur kualitas produk digunakan (1) validasi ahli bidang studi, ahli multimedia dan e-learning serta ahli desain instruksional, (2) uji coba terbatas, dan (3) uji coba lapangan. Sumber datanya adalah ahli bidang studi, ahli multimedia dan e-learning, ahli desain instruksional, dosen dan mahasiswa. Jenis datanya berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini meliputi: lembar observasi, kuesioner, dan soal test. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, tes (pre-test dan post-test), dokumentasi, dan angket. Adapun teknik analisis datanya dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini berupa produk yang fleksibel dan layak, yaitu model pembelajaran bauran berbasis microlearning untuk Mata Kuliah algoritma pemrograman beserta perangkat pendukungnya yaitu buku model pembelajaran, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), buku ajar algoritma pemrograman, modul praktik algoritma pemrograman, portal aplikasi e-lgoritma, dan buku panduan portal aplikasi e-lgoritma. (1) pengembangan model pembelajaran bauran berbasis microlearning sangat penting dilakukan untuk memenuhi karakteristik dan gaya belajar mahasiswa generasi-Z yang cenderung mudah bosan dan teralihkan perhatianya. (2) kelayakan model pembelajaran menurut konsensus para ahli , yakni 89.9% masuk kategori sangat layak. (3) respon yang positif dari mahasiswa dan dosen untuk aspek instruksional sebesar 85,5% dan aspek tampilan produk sebesar 88.4%. (3) hasil Uji Paired Samples t-test sebesar 0.000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05, jadi ada pengaruh model pembelajraran bauran berbasis microlearning terhadap hasil belajar mahasiswa. (4) hasil uji Independent Samples Test sebesar 0.000 lebih kecil dari pada taraf signifikansi 0.005, sehingga melalui penelitian ini pula dapat dibuktikan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Kata kunci: Pembelajaran Bauran, Microlearning, Algoritma Pemrograman


Ketersediaan

01/DST-Pvk/ AKBA/23DST/PVK/2023 REF SYA pPerpustakaan STMIK AKBA (A/01)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
DST SYA p
Penerbit UNM : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xviii + 319 hlm.: ilus.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF SYA p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Promotor: Prof. Dr. Purnawati, M. Pd Dan Kopromotor: Prof. Dr. A. Muhammad Idkhan, S.T., M.T., IPU
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this