Image of Rancang Bangun Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Akta Cerai Berbasis Web Pada Pengadilan Agama Takalar

CD Skripsi

Rancang Bangun Sistem Pengarsipan Dan Pengambilan Akta Cerai Berbasis Web Pada Pengadilan Agama Takalar



ABSTRAK

SUNARDI, Rancang Bangun Sistem Pengarsipan dan Pengambilan Akta Cerai Berbasis Web pada Pengadilan Agama Takalar (dibimbing oleh Agus Halid dan Markani)
Permasalahan yang terjadi adalah pihak yang datang ke kantor Pengadilan Agama Takalar terlalu lama menunggu karena petugas pembuatan Akta Cerai masih perlu mencari berkas atau mencetak Akta Cerainya, dan biasanya juga terjadi Pihak yang datang ke kantor Pengadilan Agama Takalar, belum bisa dibuatkan Akta Cerai karena masih belum Berkekuatan Hukum Tetap (BHT). Dalam peraturan Mahkamah Agung Akta Cerai bisa dibuatkan ketika sudah Berkekuatan Hukum Tetap (BHT). Sistem antrian yang berjalan saat ini dianggap masih kurang efektif dalam melayani masyarakat, karena ketika Pihak yang datang ke Kantor Pengadilan Agama Takalar masih lama menunggu, sehingga hal ini cukup merugikan Pihak, belum lagi yang sudah jauh-jauh datang ke Kantor Pengadilan Agama Takalar dan ternyata belum bisa dibuatkan Akta Cerainya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem untuk memudahkan petugas, penggugat ataupun tergugat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem pengarsipan dan pengambilan Akta Cerai. Data ini diperoleh melalui penelitian lapangan, penelitian pustaka, wawancara dan dokumentasi. Perancangan sistem ini menggunakan metode RAD (Rapid Appication Development), bahasa pemrograman PHP, database MySQL, dan pengujian sistem menggunakan black box. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan sistem pengarsipan dan pengambilan Akta Cerai yang memudahkan berbagai pihak. Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh dari kuesioner sebesar 82,14% yang menunjukkan bahwa sistem yang dirancang berjalan dengan baik dan sesuai fungsinya.


Kata Kunci : Akta Cerai, RAD, MySQL, PHP, Black Box


Ketersediaan

2557/CD/SKR-Ti/23CD/SKR/TI/2022 REF SUN rPerpustakaan STMIK AKBA (A/742)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
CDSKR SUN r
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF SUN r
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Agus Halid Dan Pembimbing II: Markani
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this