Image of Pengembangan Sistem Secara Virtual Reality Dalam Periklanan Perumahan Komersial Berdasarkan Klaster

CD Skripsi

Pengembangan Sistem Secara Virtual Reality Dalam Periklanan Perumahan Komersial Berdasarkan Klaster



ABSTRAK

MUH. FADILLAH S, Pengembangan Sistem Secara Virtual Reality Dalam Periklanan Perumahan Komersial Berdasarkan Klaster (dibimbing oleh Muhammad Rizal H dan Butsiarah).

Perkembangan teknologi virtual reality telah membuka peluang besar untuk mengembangkan industri periklanan. Penggunaan teknologi ini dalam periklanan dapat menarik perhatian konsumen dan memberikan pengalaman yang lebih mendalam. Salah satu industri perumahan komersial di indonesia, terutama Perumnas BTP yang masih mengandalkan brosur dan gambar 2D dalam promosinya. Hal ini mengakibatkan kurangnya kejelasan mengenai bentuk nyata rumah yang ditawarkan, yang kemudian menjadi hambatan bagi calon pembeli. Penelitian ini mengusulkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan menciptakan aplikasi VR yang dapat menghadirkan lingkungan virtual untuk setiap klaster perumahan komersial yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi periklanan perumahan komersial berbasis virtual reality (VR). Data ini diperoleh melalui penelitian lapangan dan studi pustaka. Dalam mengembangkan aplikasi digunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi ini berjalan dengan baik sesuai konsep yang telah dirancang dengan Pengembangan R&D menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Sesuai dengan tahapannya yaitu Concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution dan Pengujian sistem ini menggunakan metode blackbox untuk memastikan bahwa aplikasi ini berjalan sesuai dengan harapan. Selain itu, pengujian usability dan tingkat kelayakan juga dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Hasil dari kuesioner tersebut menunjukkan nilai rata-rata sebesar 86%, yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”.

Kata kunci : Virtual Reality (VR), Periklanan, Perumahan, Research and Development (R&D), Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Blackbox, Kuesioner.


Ketersediaan

2652/CD/SKR-Ti/24CD/SKR/TI/2023 REF MUH pPerpustakaan STMIK AKBA (A/808)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
CDSKR MUH p
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF MUH p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Muhammad Rizal. H Dan Pembimbing II: Butsiarah
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this