Detail Cantuman
Advanced SearchCD Skripsi
Pengembangan Aplikasi Quiz Untuk Mengetahui Tingkat Pemahaman Mahasiswa Berbasis Web Studi Kasus: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
ABSTRAK
MUHAMMAD RAIHAM, Pengembangan Aplikasi Quiz Untuk Mengetahui Tingkat Pemahaman Mahasiswa Berbasis Web (dibimbing oleh Rohayati dan Amran Amiruddin).
Salah satu mata kuliah yang wajib diprogramkan oleh mahasiswa UNITAMA adalah Bahasa Indonesia. Untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Bahasa indonesia, dosen Bahasa Indonesia membuat buku latihan dimana mahasiswa menjawab soal-soal pada buku latihan mengerjakan dengan menulis tangan, permasalahnya adalah untuk mengertahui tingkat pemahaman dosen harus memeriksa satu persatu hasil tugas diberikan itu butuh waktu yang lama hasil nilainnya keluar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sistem quiz pada mata kuliah bahasa Indonesia. Data ini diperoleh melalui Penelitian Lapangan dan Penelitian Pustaka. Perancangan sistem ini menggunakan CMS Moodle, database MySQL, dan pengujian sistem menggunakan Black Box Testing dan perhitungan dengan UAT. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem yakni dengan ADDIE dan pemodelan menggunakan UML. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan sistem quiz berbasis web MOODLE yang memudahkan dosen dalam menganalisa hasil akhir setiap kuis yang dikerjakan. Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh dari kuesioner sebesar 86,2% yang menunjukkan bahwa sistem yang dirancang berjalan baik dan sesuai dengan fungsinya.
Kata kunci: Quiz, ADDIE, UAT, MySQL, Moodle
Ketersediaan
2690/CD/SKR-Si/24 | CD/SKR/SI/2023 REF MUH p | Perpustakaan STMIK AKBA (A/582) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
CDSKR MUH p
|
Penerbit | UNITAMA : Makassar., 2023 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
REF MUH p
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
Pembimbing I: Rohayati Dan Pembimbing II: Amran Amiruddin
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain