Image of Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme Dan Prolematikanya Di Indonesia

Text

Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme Dan Prolematikanya Di Indonesia



Pendidikan dapat dipandang sebagi aplikasi dari pemikiran filosofis, sedangkan para filsuf selaras dengan pemikirannya. Filsafat yang memberikan kerangka konseptual yang holistik tentang manusia dalam pendidikan, sedangkan pendidikan yang meletakkan manusia sebagai titik tolak (starting point) dan sebagai titik tujuan (ultimate goal). Oleh sebab itu, pemaknaan pendidikanberawal dari pemaknaan tentang hakikat manusia dan manusia yang melahirkan teori pendidikan. Teori pendidikan itulah yang dipraktikkan dalam proses pembelajaran dari berbagai aliran filsafat. Pendidikan bukan sekedar pengembangan manusia secara fisiologis, pengayaan materiil, maupun keterampilan, melainkan pendidikan berlangsung secara sistematik dan relasional untuk membentuk manusia yang sesungguhnya. Landasan ilmu pendidikan menjadi proses pemanusiaan manusia, yaitu hakikat manusia sebagai makhluk pendidikan yang pada akhirnya akan terwujud kesadaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Kesadaran manusia sebagi manusia tidak dibawa lahir, tetapi diperlukan pendidikan untuk menopang aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan (kognitif).


Ketersediaan

B02724BUKU/PENDIDIKAN/2022 370.1 JUS fPerpustakaan STMIK AKBATersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.1 JUS f
Penerbit rajawali pers : Depok.,
Deskripsi Fisik
xvi + 270 hlm.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-231-030-8
Klasifikasi
370.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1.-- Cet. 2.--
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this