Detail Cantuman
Advanced SearchText
Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme Dan Prolematikanya Di Indonesia
Pendidikan dapat dipandang sebagi aplikasi dari pemikiran filosofis, sedangkan para filsuf selaras dengan pemikirannya. Filsafat yang memberikan kerangka konseptual yang holistik tentang manusia dalam pendidikan, sedangkan pendidikan yang meletakkan manusia sebagai titik tolak (starting point) dan sebagai titik tujuan (ultimate goal). Oleh sebab itu, pemaknaan pendidikanberawal dari pemaknaan tentang hakikat manusia dan manusia yang melahirkan teori pendidikan. Teori pendidikan itulah yang dipraktikkan dalam proses pembelajaran dari berbagai aliran filsafat. Pendidikan bukan sekedar pengembangan manusia secara fisiologis, pengayaan materiil, maupun keterampilan, melainkan pendidikan berlangsung secara sistematik dan relasional untuk membentuk manusia yang sesungguhnya. Landasan ilmu pendidikan menjadi proses pemanusiaan manusia, yaitu hakikat manusia sebagai makhluk pendidikan yang pada akhirnya akan terwujud kesadaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Kesadaran manusia sebagi manusia tidak dibawa lahir, tetapi diperlukan pendidikan untuk menopang aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan (kognitif).
Ketersediaan
B02724 | BUKU/PENDIDIKAN/2022 370.1 JUS f | Perpustakaan STMIK AKBA | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
370.1 JUS f
|
Penerbit | rajawali pers : Depok., 2022 |
Deskripsi Fisik |
xvi + 270 hlm.; 23 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-623-231-030-8
|
Klasifikasi |
370.1
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Ed. 1.-- Cet. 2.--
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain