Image of Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Klasifikasi Potensi Bisnis Pada Pasar Cidu

Skripsi

Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Klasifikasi Potensi Bisnis Pada Pasar Cidu



ABSTRAK

ANDI INDAH PURNAMA, Penerapan Metode Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Potensi Bisnis Pada Pasar Cidu (dibimbing oleh Nuraida Latif dan Nurzaenab)

Penelitian ini fokus pada penerapan metode Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan potensi bisnis di Pasar Cidu. Permasalahan yang terjadi adalah potensi bisnis dapat terpengaruh oleh persaingan yang kuat dipasar, karena banyaknya pesaing yang menawarkan produk serupa dan kebutuhan pelanggan yang dapat berubah seiring waktu Jika bisnis tidak dapat mengantisipasi atau menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut, potensi bisnis dapat menurun karena pelanggan beralih ke pesaing yang lebih memenuhi kebutuhan mereka.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memprediksi peluang bisnis yang mungkin sukses atau tidak di pasar cidu. Pasar cidu mungkin merupakan pasar yang kompleks dengan banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis.Data ini diperoleh melalui penelitian lapangan,penelitian pustaka,wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Naïve Bayes yaitu algoritma pembelajaran mesin yang digunakan untuk analisis teks dan klasifikasi data berdasarkan probabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peluang bisnis di Pasar Cidu. Dengan menggunakan metode Naïve Bayes, perusahaan dan pelaku bisnis dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dalam mengidentifikasi dan mengelola potensi bisnis mereka di pasar ataupun ditempat lainnya. Selain itu, penelitian ini dapat membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang paling berpengaruh dalam keberhasilan bisnis di pasar cidu, sehingga dapat digunakan untuk merancang strategi bisnis yang lebih efektif. Dapat dilihat dari hasil akurasi pada percobaan dataset menggunakan confusion matriks,pada percobaan ini menggunakan data training 80% dan data testing 20% dan menghasilkan akurasi data training 94% dan data testing dengan akurasi 97%.
Kata kunci : Klasifikasi, Naïve bayes, Potensi bisnis.


Ketersediaan

2724/SKR-Ti/AKBA/24SKR/TI/2023 REF AND pPerpustakaan STMIK AKBA (A/765)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR AND p
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xii + 43 hlm.: ilus.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF AND p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Nuraida Latif Dan Pembimbing II: Nurzaenab
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this