Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi
Peningkatan Efesiensi Layanan Pelanggan Melalui Penerapan Chatbot Berbasis Dialogflow
ABSTRAK
NURICHSAN, Peningkatan Efesiensi Layanan Pelanggan Melalui Penerapan Chatbot Berbasis Dialogflow (dibimbing oleh Pasnur dan Nurzaenab).
Toko Mekah menghadapi kendala dalam memberikan respons kepada pelanggan karena hanya memiliki dua orang admin, terutama terkait informasi seputar toko dan ketersediaan stok buku yang sering menjadi pertanyaan utama. untuk mengatasi hal ini; Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem chatbot yang dapat memberikan informasi yang akurat dan respons cepat, Data ini diperoleh melalui penelitian pustaka dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian sistem chatbot menggunakan metode black box menunjukkan bahwa masukan yang diberikan sesuai dengan output yang diinginkan. Chatbot berhasil merespon semua input pengguna, bahkan mampu mengatasi typo berkat penerapan Natural Language Processing. Tingkat akurasi chatbot mencapai 86,6%, dengan presentasi kesalahan 13,33% hal ini menandakan kemampuan chatbot dalam memberikan respons yang sesuai dengan harapan. Pengujian juga dilakukan terhadap rata-rata waktu respon chatbot pada dua generasi jaringan berbeda. Pada jaringan 4G/LTE, ditemukan rata-rata waktu respon sekitar 1 detik 927,5 milidetik, 3G/HSDPA rata-rata waktu 2 detik 9985 milidetik
Kata Kunci: Chatbot, Customer Service, DialogFlow, Natural Language Processing, Toko Mekah
Ketersediaan
2739/SKR-Ti/AKBA/24 | SKR/TI/2023 REF NUR p | Perpustakaan STMIK AKBA (A/806) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
SKR NUR p
|
Penerbit | UNITAMA : Makassar., 2023 |
Deskripsi Fisik |
xiii + 58 hlm.: ilus.; 28,5 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
REF NUR p
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
Pembimbing I: Pasnur Dan Pembimbing II: Nurzaenab
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain