Image of Peningkatan Efesiensi Layanan Pelanggan Melalui Penerapan Chatbot Berbasis Dialogflow

CD Skripsi

Peningkatan Efesiensi Layanan Pelanggan Melalui Penerapan Chatbot Berbasis Dialogflow



ABSTRAK
NURICHSAN, Peningkatan Efesiensi Layanan Pelanggan Melalui Penerapan Chatbot Berbasis Dialogflow (dibimbing oleh Pasnur dan Nurzaenab).
Toko Mekah menghadapi kendala dalam memberikan respons kepada pelanggan karena hanya memiliki dua orang admin, terutama terkait informasi seputar toko dan ketersediaan stok buku yang sering menjadi pertanyaan utama. untuk mengatasi hal ini; Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem chatbot yang dapat memberikan informasi yang akurat dan respons cepat, Data ini diperoleh melalui penelitian pustaka dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian sistem chatbot menggunakan metode black box menunjukkan bahwa masukan yang diberikan sesuai dengan output yang diinginkan. Chatbot berhasil merespon semua input pengguna, bahkan mampu mengatasi typo berkat penerapan Natural Language Processing. Tingkat akurasi chatbot mencapai 86,6%, dengan presentasi kesalahan 13,33% hal ini menandakan kemampuan chatbot dalam memberikan respons yang sesuai dengan harapan. Pengujian juga dilakukan terhadap rata-rata waktu respon chatbot pada dua generasi jaringan berbeda. Pada jaringan 4G/LTE, ditemukan rata-rata waktu respon sekitar 1 detik 927,5 milidetik, 3G/HSDPA rata-rata waktu 2 detik 9985 milidetik

Kata Kunci: Chatbot, Customer Service, DialogFlow, Natural Language Processing, Toko Mekah



Ketersediaan

2739/CD/SKR-Ti/24CD/SKR/TI/2023 REF NUR pPerpustakaan STMIK AKBA (A/860)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
CDSKR NUR p
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF NUR p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Pasnur Dan Pembimbing II: Nurzaenab
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this