Image of Massive Open Online Course (MOOC): Sebuah Trend Pendidikan Masa Depan

Text

Massive Open Online Course (MOOC): Sebuah Trend Pendidikan Masa Depan



Massive Open Online Course (MOOC) pertma kali dicetuskan oleh Stephen Downes dan George Siemens pada tahun 2008, yang bermaksud untuk menciptakan adanya pembelajaran yang lebih luas dengan menggunakan sarana internet/online sehingga memungkinkan semua siswa dapat berinteraksi dengan program tersebut.
pada masa-masa awal perkembangannya, MOOC menawarkan akses online ke seluruh bagian dari kegiatannya. Namun pada perkembangan berikutnya, beberapa kampus memanfaatkan MOOC Untuk mendukung perkuliahan konvensional.
Dalam masa pandemi Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan mempergunakan MOOC ini menjadi salah satu langkah terbaik yang dapat ditempuh di bidang pendidikan. Di Indonesia, pembelajaran jarak jauh merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh tercantum di dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 20023 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Penyelenggaraan pendidikan jarak jauh di Indonesia tidak dimaksudkan untuk menggantikan sistem pendidikan konvensional secara tatap muka karena tujuan penyelenggaraannya adalah untuk memberikan layanan pendidikan tinggi kepada masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka dan memperluas akses serta mempermudah layanan pendidikan tinggi secara tatap muka dan memperluas akses serta mempermudah layanan pendidikan. Namun begitu dalam buku ini penulis mencoba mengajak untuk melihat MOOC sebagai salah satu alternatif bentuk pembelajaran tidak hanya dalam masa pandemi ini, namun juga sebagai alternatif bentuk pembelajaran masa depan.


Ketersediaan

B02797BUKU/PENDIDIKAN/2021 371.3 DWI mPerpustakaan STMIK AKBA (PTI/TIS)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 DWI m
Penerbit Penerbit Andi : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x + 118 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-01-1310-9
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1.--
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this