Image of Menulis Karya Ilmiah Berbasis Artificial Intelligence

Text

Menulis Karya Ilmiah Berbasis Artificial Intelligence



Pada zaman dulu, sebelum ada Artificial Intelligence (AI), menulis karya ilmiah tidak mudah dilakukan. Tahapan-tahapan yang ada, mulai dari mencari ide penelitian, research gap, pencarian teori, kajian pustaka, pengumpulan dan pengolahan data, analisis, hingga pembuatan kesimpulan, bahkan penulisan dan pengumpulan daftar pustaka, harus dilakukan secara manual. Kalau sudah ada aplikasi komputer pun, hanyalah sebagai alat bantu yang hanya dapat digunakan kalau pengguna melakukan pekerjaannya, yaitu mengimput dan menuliskan teksnya.
Kini kita sudah berada di zaman AI, yang sudah banyak menyediakan aplikasi-aplikasi yang mampu berpikir dan berkarya, sehingga dalam beberapa hal, peneliti tidak perlu lagi melakukan hal-hal secara manual. Misalnya dimulai dari mencari ide penelitian, kita dapat menggunakan aplikasi seperti open knowlwdge Maps misalnya. Kita cukup menuliskan topik atau kata kunci, dalam sekejab akan tersaji gambaran ide-ide penelitian. Untuk mencari referensi, kita harus mendapatkan acuan yang berkaulitas. Kalau dilakukan secara manual, tentu akan memerlukan waktu lama dan hasilnya belum menyakinkan. Namun kalaw kita menggunakan aplikais Connected Papers, maka kita tidak perlu menghabiskan waktu lama.
Buku ini membahas berbagai aplikais berbasis AI yang dapat dimanfaatkan untuk membantu Anda memulai dan menyelesaikan publikasi karya ilmiah Anda. Ada 17 aplikais yang dibahas diantaranya adalah ChatGPT, ChatPDF, Connected Papers, Deep AI Chat, Elicit, dan sebagainya. Dengan Aplikasi-aplikasi ini, Anda akan semakin mudah menyelesaikan karya ilmiah Anda.


Ketersediaan

B02813BUKU/KESUSASTRAAN/2023 808.02 WIN mPerpustakaan STMIK AKBA (PTI/TIS)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
808.02 WIN m
Penerbit Penerbit Andi : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x + 150 hlm.; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-01-3522-4
Klasifikasi
808.02
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1.-- Cet. 1.--
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this