Image of Implementasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Basis Aturan Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Costumer Terhadap Pelayanan Di Sarmi Car Wash

Skripsi

Implementasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Basis Aturan Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Costumer Terhadap Pelayanan Di Sarmi Car Wash



ABSTRAK

SHAIFUL, Implementasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Basis Aturan Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Costumer Terhadap Pelayanan Di Sarmi Car Wash (dibimbing oleh Akbar iskandar dan Andi Maulidinawati A. K. Parewe).

Permasalahan yang terjadi terutama dalam bidang layanan otomotif seperti cuci mobil, kini menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Salah satu aspek kunci yang harus diperhatikan oleh penyedia layanan adalah kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, dengan melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan. Penilaian dari pelanggan diperlukan untuk menilai sejauh mana mutu pelayanan yang disediakan oleh karyawan saat melayani mereka. Beberapa aspek yang bisa dinilai oleh pelanggan melibatkan kebersihan body mobil, interior mobil, dan bagian dalam mesin mobil. Tujuan dari penelitian ini untuk mengimplementasikan SPK basis aturan dalam menentukan tingkat kepuasan costumer terhadap pelayanan di sarmi car wash dengan berbasis web dan melakukan pengujian sistem yang telah dirancang pada implementasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis aturan dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan di Sarmi Car Wash bebasis web. Data penelitian ini di peroleh melalui 1) Penelitian Lapangan 2) Studi Pustaka , 3) Wawancara), 4) Dokumentasi . Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah Agile (Extreme Programming). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pengujian dengan menggunakan metode blackbox dapat disimpulkan bahwa secara fungsional, aplikasi ini sesuai dan memberikan hasil sesuai dengan harapan. Berdasarkan hasil penilaian kuesioner, aplikasi yang dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata 82,5%, menandakan bahwa aplikasi tersebut layak digunakan.

Kata Kunci: Sarmi Car Wash, SPK, Sistem Penilaian, Pelayanan, Blackbox.


Ketersediaan

2747/SKR-Ti/AKBA/24SKR/TI/2023 REF SHA iPerpustakaan STMIK AKBA (A/810)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR SHA i
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xv + 57 hlm.: ilus.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF SHA i
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Akbar Iskandar Dan Pembimbing II: Andi Maulidinnawati A. K. Parewe
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this