Detail Cantuman
Advanced SearchCD Skripsi
Pemanfaatan Learning Animation Technology Dalam Pendampingan Pembuatan Interactive Teaching Materi Kepada Guru Di SMAS Kristen Soleman
ABSTRAK
RIVANKY VALENSIUS BARA, OMITA ABIGAIL, NUR AZIZAH MUCHTAR, NURLINDA APRIALIANI Pemanfaatan Learning Animation Technology Dalam Pendampingan Pembuatan Interactive Teaching Materials Kepada Guru di SMAS Kristen Soleman (dibimbing oleh Andryanto, A)
Guru sangat berperan penting di era teknologi yang semakin berkembang dan berdampak dalam dunia pendidikan. Tugas guru adalah meningkatkan minat belajar siswa dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu permasalahan yang dihadapi guru di SMAS Kristen Soleman adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi pembelajaran animasi, sehingga bahan ajar yang dihasilkan kurang menarik dan menjadi salah satu faktor penurunan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan bahan ajar yang interaktif menggunakan teknologi pembelajaran animasi seperti vanva, Kahoot, dan Powtoon kepada guru-guru di SMASKristen Soleman. Metode pelaksanaan dilakukan mulai dari tahap persiapan (observasi lapangan, studi literatur, dan identifikasi mitra), tahap pelaksanaan (pelatihan dan pendampingan), hingga tahap evaluasi menggunakan pre-test dan post-test sebelum dan sesudah pelatihan serta pendampingan dilaksanakan. Berdasarkan hasil evaluasi pelatihan guru dalam pembuatan bahan ajar yang interaktif menggunakan teknologi pemeblajaran animasi menunjukkan peningkatan pengetahuan dari 41,7% menjadi 100%, dimana guru telah mengetahui bahan ajar interaktif menggunakan teknologi pembelajaran animasi. Sementara itu, keterampilan guru meningkat dari 12,5% menjadi 91,7%, di mana guru telah berhasil menciptakan bahan ajar interaktif menggunakan teknologi pembelajaran, animasi. Diharapkan bahwa peningkatan ini akan memperkuat peran guru dalam merangsang minat belajar siswa, dengan harapan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: bahan ajar interaktif, Canva, Kahoot, Pembelajaran Digital, Powtoon, Teknologi Pembelajaran Animasi.
Ketersediaan
2753/CD/SKR-Ti/24 | CD/SKR/TI/2024 REF RIV p | Perpustakaan STMIK AKBA (A/870) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
CDSKR RIV p
|
Penerbit | UNITAMA : Makassar., 2024 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
REF RIV p
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
Pembimbing: Andryanto. A
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain