Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi
Perancangan Aplikasi Mobile Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Kelas VI Sekolah Dasar
ABSTRAK
SAHRUL, Perancangan Aplikasi Mobile Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam untuk Anak Kelas VI Sekolah Dasar (dibimbing oleh Muhammad Rizal H dan Tamra)
Permasalahan utama yang dihadapi oleh siswa kelas VI SD dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam adalah kurangnya minat belajar dan kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak melalui metode pembelajaran tradisional. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan merancang aplikasi mobile game edukasi berbasis permainan yang mengintegrasikan berbagai fitur interaktif seperti simulasi, kuis, materi pembelajaran, dan augmented reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis permainan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penelitian lapangan, studi pustaka dan kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dan dievaluasi dengan System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa aplikasi ini mendapatkan skor rata-rata SUS 78, yang termasuk kategori "Baik," menunjukkan efektivitas dan kepuasan pengguna sebagai media pembelajaran interaktif.
Kata Kunci : GDLC, System Usability Scale, Game Development Live Cycle, Ilmu pengetahuan Alam
Ketersediaan
2799/SKR-Ti/AKBA/24 | SKR/TI/2024 REF SAH p | Perpustakaan STMIK AKBA (A/840) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
SKR SAH p
|
Penerbit | UNITAMA : Makassar., 2024 |
Deskripsi Fisik |
xv + 83 hlm., 28,5 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
REF SAH p
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
Pembimbing I: Muhammad Rizal. H Dan Pembimbing II: Tamra
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain