Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi
Sistem Administrasi Kependudukan Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik Berbasis Web Responsive
ABSTRAK
WISTI, NURLINA, Sistem Administrasi Kependudukan Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik Berbasis Web Responsive (dibimbing oleh Suryadi Syamsu dan Rarnawati).
Permasalahan yang terjadi adalah pada Desa Kaduaja Kecamatan Gandangbatu Sillanan, pelayanan administrasi masyarakat masih menggunakan cara konservatif. Banyak warga yang mengeluhkan proses yang lambat dan kurang efisien dalam mengurus dokumen seperti surat pengantar domisili, ktp, kartu keluarga, akta kelahiran, dan surat keterangan tidak mampu. Warga bahkan harus berjalan jauh untuk mengambil surat pengantar, yang sangat diperlukan untuk mengurus administrasi lainnya. Surat pengantar hanya dapat dikeluarkan oleh Kepala Lembang yang bertanggung jawab atas verifikasi data penduduk. Meskipun sudah sampai di kantor Lembang, warga masih harus menunggu 1 hingga 2 minggu untuk mendapatkan surat tersebut. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, peneliti mengusulkan pembuatan aplikasi administrasi pelayanan publik berbasis web responsif yang dapat mempermudah petugas Kecamatan Gandangbatu Sillanan dalam membuat surat administrasi aplikasi ini juga diharapkan dapat mempercepat proses pengambilan surat bagi warga, sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat dan efisien. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi administrasi berbasis web responsif yang dapat mempermudah pembuatan surat administrasi oleh petugas Kecamatan Gandangbatu Sillanan dan mempercepat proses pengambilan surat bagi warga. Data ini diperoleh melalui penelitian lapangan,penelitian pustaka dan pengumpulan data melalui kuisioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode RAD (Rapid Aplicattion Develpoment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Sistem administrasi kependudukan untuk memingkatkan efektifitas pelayanan publik berbasis web responsive berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode User Acceptance Testing dengan 37 responden, diperoleh rata-rata skor sebesar 86%, yang menunjukkan bahwa sistem ini sangat layak untuk diterapkan.
Kata Kunci : Sistem Informasi Layanan, Administrasi, Metode RAD, Masyarakat, Website.
Ketersediaan
| 2827/SKR-Si/AKBA/25 | SKR/SI/2024 REF WIS s | Perpustakaan STMIK AKBA (A/565) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
SKR WIS s
|
| Penerbit | UNITAMA : Makassar., 2024 |
| Deskripsi Fisik |
xv + 78 hlm., 28,5 cm
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
REF WIS s
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
Pembimbing I: Suryadi Syamsu Dan Pembimbing II: Ratnawati
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






