Detail Cantuman
Advanced SearchSkripsi
Pemanfaatan Learning Animation Technology Dalam Pendampingan Pembuatan Interactive Teaching Materials Kepada Guru Di SMAS Kristen Soleman
INTISARI
ANGELIN MARICI B Pemanfaatan Learning Animation Technology Dalam Pendampingan Pembuatan Interactive Teaching Materials kepada Guru di SMAS Kristen Soleman (dibimbing oleh Andryanto A.).
Guru sangat berperan penting di Era teknologi yang semakin berkembang dan berdampak dalam dunia pendidikan. Tugas guru adalah meningkatkan minat belajar siswa dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu permasalahan yang dihadapi guru di SMAS Kristen Soleman adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi pembelajaran animasi, sehingga bahan ajar yang dihasilkan kurang menarik dan menjadi salah satu faktor penurunan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan bahan ajar yang interaktif menggunakan teknologi pembelajaran animasi seperti Canva, Kahoot, dan Powtoon kepada guru-guru di SMAS Kristen Soleman. Metode pelaksanaan dilakukan mulai dari tahap persiapan (observasi lapangan, studi literatur, dan identifikasi mitra), tahap pelaksanaan (pelatihan dan pendampingan), hingga tahap evaluasi menggunakan pre-test dan post-test sebelum dan sesudah pelatihan serta pendampingan dilaksanakan. Berdasarkan hasil evaluasi pelatihan dan pendampingan guru dalam pembuatan bahan ajar yang interaktif menggunakan teknologi pembelajaran animasi menunjukkan peningkatan pengetahuan dari 41,7% menjadi 100%, di mana guru telah mengetahui bahan ajar interaktif menggunakan teknologi pembelajaran animasi. Sementara itu, keterampilan guru meningkat dari 12,5% menjadi 91,7%, di mana guru telah berhasil menciptakan bahan ajar interaktif menggunakan teknologi pembelajaran animasi. Diharapkan bahwa peningkatan ini akan memperkuat peran guru dalam merangsang minat belajar siswa, dengan harapan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Bahar Ajar Interaktif, Canva, Kahoot, Pembelajaran Digital, Powtoon, Teknologi Pembelajaran Animasi
Ketersediaan
| 2918/SKR-Ti/AKBA/25 | SKR/TI/2025 REF ANG p | Perpustakaan STMIK AKBA (A / 911) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
SKR ANG p
|
| Penerbit | UNITAMA : Makassar., 2025 |
| Deskripsi Fisik |
-
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
-
|
| Klasifikasi |
REF ANG p
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek |
-
|
| Info Detil Spesifik |
Pembimbing I: Muhajirin dan Pembimbing II: A. Sumardin
Penguji: First Wanita, Suryadi Syamsu dan Tamra
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






