No image available for this title

Skripsi

Aplikasi Penentu Jurusan Berdasarkan Minat Dan Bakat Siswa SMK; (Studi Kasus SMK Komputer Mutiara Ilmu)



Salah satu peran SPK dibidang pendidikan yaitu pada proses pengambilan keputusan untuk Pemilihan jurusan siswa di SMK, yang sifatnya dapat membantu pengambilan keputusan dalam memberikan alternatif-alternatif putusan jurusan yang tepat bagi siswa, dimana hasil keputusan dapat dijadikan sebagai bahan untuk membantu guru dalam mengambil keputusan.
Tes-tes psikotes dapat digunakan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan, minat, dan bakat. Maksud dan tujuan tes psikotes untuk membantu pihak sekolah dalam mempertimbangkan pilihan yang sesuai untuk penjurusan tersebut.
Untuk mendukung hal tersebut diatas maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan dukungan terhadap proses penentuan jurusan yang tepat untuk siswa di SMK. Proses penentuan jurusan ini dengan cara mempertimbangkan kemampuan, bakat dan minat siswa terhadap suatu jurusan, dengan menggunakanlogika fuzzy. Logika fuzzy berfungsi melakukan pemrosesan terhadap faktor kepastian dan ketidakpastian. Secara umum logika fuzzy dapat menangani faktor ketidakpastian secara baik sehingga dapat diimplementasikan pada proses pengambilan keputusan. Model logika fuzzy bekerja dengan menggunakan derajat keanggotaan dari sebuah nilai, kemudian digunakan untuk menentukan hasil yang diinginkan, berdasarkan aturan-aturan yang telah ditentukan.
Aplikasi penjurusan berdasarkan minat dan bakat siswa SMK ini dibangun dengan menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya, sehingga diharapkan dapat memberikan keputusan yang tepat dengan hasil yang terbaik dalam proses penentuan suatu jurusan.


Ketersediaan

01238/SKR-Ti/AKBA/12SKR/TI/2012 REF RAH aPerpustakaan STMIK AKBA (A / 047)Tersedia
01237/SKR-Ti/AKBA/12SKR/TI/2012 REF RAH aPerpustakaan STMIK AKBA (A / 046)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR Ti 12 RAH a
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xi, 101 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF RAH i
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Sabridah dan Pembimbing II: Kartika Dewi
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this