No image available for this title

Skripsi

Implementasi Metode Generalized Vector Space Model Untuk meningkatkan Akurasi Temu Kembali Dokumen Berita



Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem yang mampu meningkatkan akurasi pada pencarian dokumen berita. Pada penelitian ini diimplementasikan metode Generalized Vector Space Model sehingga mempermudah dalam meningkatkan akurasi pencarian berita.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh melalui (1) Studi Pustaka (2) Observasi (3) Dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian berjumlah 30 dokumen berita berbahasa Indonesia yang diperoleh dari situs www.detik.com. Pengolahan data diawali dengan mengumpulkan dokumen uji yang terdiri dari artikel berita kategori Olahraga, Politik, Ekonomi dan Teknologi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pencarian untuk meningkatkan akurasi berita mampu mempercepat proses pencarian berdasarkan query yang diinputkan oleh user dan berdasarkan hasil pengujian untuk ketepatan dan keakuratan sistem pencarian berita menggunakan metode GVSM diperoleh hasil pengujian dengan 7 dokumen uji yang sesuai dengan query (kata kunci) dari 30 dokumen berita dengan rata-rata 55% untuk nilai precision dan 89% untuk nilai recall sedangkan untuk pengujian menggunakan metode VSM diperoleh rata-rata 48% untuk nilai precision dan 76% untuk hasil nilai recall.


Ketersediaan

01860/SKR-Ti/AKBA/18SKR/TI/2018 REF SIT iPerpustakaan STMIK AKBA (A / 257)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR Ti 18 SIT i
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xvi + 114 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF SIT i
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I : Rohayati Arifin dan Pembimbing II : Erwin Gatot
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this