No image available for this title

Skripsi

Sistem Kendali Lampu Rumah Menggunakan Mikrokontroler Arduino



Aktivitas yang padat membuat manusis melupakan hal-hal kecil yang dapat berakibat buruk, misalnya lupa memadamkan lampu rumah saat akan meninggalkan atau ruangan sehingga akan mengakibatkan pemborosan energi listrik. Selain itu posisi saklar yang terpasang di dinding sulit terjangkau atau tidak terlihat sehingga menyulitkan pengguna dari segi operasional, contohnya bagi penyandang disabilitas dan orang yang lanjut usia. Banyak pula kasus yang terjadi, seseorang terkena sengatan listrik karena menyalakan lampu melalui saklar manual dengan kondisi tangan yang basah.
Tujuan penelitian ini adalahg merancang alat kendali otomatis yang dapat memberikan kemudahan dari segi operasional yaitu menyalakan dan memadamkan lampu, efektifitas serta keamanan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner dan studi pustaka. Perancangan sistem menggunakan aplikasi Blynk dan sensor PIR (Passive Infrared Sensor). Selanjutnya pada metode pengujian yang digunakan adalah blckbox, User Acceptance Testing (UAT) dan Usability testing dengan menguji aplikasi dan sensor terhadap lampu yang mewakili peralatan listrik.
Berdasarkan hasil kuesioner maka diperoleh rata-rata persentase nilai kelayakan sistem kendali lampu rumah yaitu 87,6% dan tergolong sangat baik. Untuk hasil uji coba membuktikan bahwa sistem yang dibuat telah berhasil dan berfungsi dengan baik.


Ketersediaan

02027/SKR-Ti/AKBA/19SKR/TI/2019 REF MAR sPerpustakaan STMIK AKBA (A / 348)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR MAR s
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xx + 109 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF MAR s
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Rohayati Arifin Dan Pembimbing II: Akbar Iskandar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this