No image available for this title

Skripsi

Pengembangan Sistem Kontrol Kursi Roda Menggunakan Navigasi Smartphone Berbasis Arduino Untuk Alat Bantu Penyandang Disabilitas



Tujuan pembuatan alat ini adalah untuk (1) Merancang dan membuat sebuah kursi roda elektrik dengan kontrol smartphone dengan koneksi bluetooth yang terintegrasi dengan kursi roda, (2) merealisasikan sebuah alat bantu yang dapat digunakan denagn cara yang lebih mudah. Alat ini diharapkan dapat mempermudah pengguna untuk mengontrol kursi roda agar dapat digunakan secara mandiri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari tahap identifikasi kebutuhan, analisis kebutuhan, perancangan rangkaian, memodifikasi alat, flowchart program, evaluasi alat, dan pengambilan data.
Komponen utama yang digunakan sebagai kontrol utama adalah arduino uno, smartphone android sebagai media input perintah arah navigasi melalui aplikasi dan motor DC sebagai penggerak kursi roda.
Berdasarkan hasil pengujian telah dilakukan, maka hasil percobaan kontrol navigasi mikrokontroler menghasilkan output gerakan kursi roda sesuai instruksi yang telah diset sebagai masukan. Kursi roda dapat bergerak dengan instruksi, maju, kiri, kanan, dan stop. Kursi roda dapat membawa beban maksimal pengguna sebesar 70kg, ditambah beban baterai dan motor DC 16kg, total keseluruhan bebam yang dapat dibawa sebesar 86kg dengan kecepatan 0,2 m/detik. hasil pengujian unjuk kerja sistem dapat bekerja sesuai dengan fungsi dan tujuannya.


Ketersediaan

2199/SKR-Ti/AKBA/21SKR/TI/2020 REF GER pPerpustakaan STMIK AKBA (A / 461)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR GER p
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xv + 96 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF GER p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Syaharullah Disa Dan Pembimbing II: Febri Hidayat
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this