No image available for this title

Skripsi

Rancang Bangun Laboratorium Komputer Virtual Berbasis Cloud Computing Menggunakan Aplikasi Proxmox



Jurusan teknik informatika STMIK Akba, diamana pratikum merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam ruang laboratorium. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pratikum khususnya praktikum administrasi server. Selain itu penggunaan laboratorium secara bersama-sama menyebabkan adanaya perubahan konfigurasi yang dilakukan oleh pengguna laboratorium sehingga harus mengulang kembali pada pertemuan selanjutnya.
Dengan perkembangan teknologi saat ini, kampus dapat memanfaatkan metode cloud computing. Lab computer diberikan sebagai layanan virtual. Pada penelitian ini dirancang laboratorium virtual berbasis cloud computing menggunakan aplikasi proxmox untuk memudahkan pengguna laboratorium mengakses laboratorium dimana saja, kapan saja dan memungkinkan pengguna laboratorium memiliki mesin server secara virtual. Pada hypervisor, terdapat beberapa virtual machine atau countener dengan alokasi resource yang bervariasi. Tanpa penyesuaian yang baik maka resource tersebut tidak dilakukan dengan maksimal.
Data ini diperoleh melalui (1) Studi Pustaka (2) Wawancara.
Oleh karena itu dibutuhkan sebuah pendekatan untuk memanfaatkan kemampuan server virtualisasi agar dapat bekerja dengan maksimal yaitu dengan mengelola serta mengalokasikan resource di linggkungan virtualisasi promox yang bertujuan agar service yang terdapat pada countener dapat berjalan dengan baik. Penerapan script pengelolaan resource pada hypervisor do proxmox virtual environtment dapat berjalan dengan baik pada virtualisasi server dengan menggunakan linux countener. Pengalokasian pada resource mampu memaksimalkan kinerja service yang ada pada countener konfigurasai default yang dapat dilihat dari perubahan hasil service yang ada pada masing-masing countener.


Ketersediaan

2209/SKR-Ti/AKBA/21SKR/TI/2020 REF MUH rPerpustakaan STMIK AKBA (A / 469)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR MUH r
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xiii + 73 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF MUH r
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Suryadi Syamsu Dan Pembimbing II: A. Sumardin
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this