No image available for this title

Skripsi

Implementasi Natural Language Processing Dan Machine Learning Untuk Pemahaman Percakapan Pada Aplikasi Pembimbing Akademik Mahasiswa Virtual



Permmasalahan Pelaksanaan pembimbing Akademik secara langsung oleh Dosen Wli dan Mahasiswa seringkali tidak efisien. Hal tersbut dapat dipengaruhi oleh faktor keterbatasan waktu serta ketidaksesuain situasi dan kondisi.
Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan natural language processing dan machine learning pada aplikasi pembimbing akademik mahasiswa virtual untuk mengatasi permasalahan pada pembimbingan konvensional.
Data ini diperoleh dari (1) pengisian kuesioner dikalangan mahasiswa (2) aplikasi pembimbing akademik mahasiswa virtual dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL. Aplikasi juga memanfaatkan API SIAKAD untuk memperoleh berbagai data terkait dari SIAKAD.
Hasil dari penelitian yang diperoleh dengan analisisnya. Pengukuran 4 variabel pada aspek Usability memiliki nilai presentasi yaitu: variabel usefulness dengan persentase 69,3%, variabel ease of use dengan persentase sebesar 69,3%, variabel ease of learning dengan persentase sebesar 70,8%, variabel satisfaction dengan persentase sebesar 69,1%. Pengukuran aspek Usability secara keseluruhan menghasilkan nilai persentase kelayakan sebesar 69,6% yang menunjukkan bahwa hasil usability aplikasi pembimbing akademik mahasiswa virtual memiliki nilai layak atau dengan kata lain aplikasi ini sangat berguna. Kemudian untuk tingkat akurasi metode sistem pada pengujian metode terbagi atas 3 aspek pengujian yaitu, pengujian nilai threshold optimal untuk machine learning sebesar 0,6, pengujian automatic correction pada teks pengguna sebesar 80% dan pengujian identifikasi entitas dengan fuzzy sebesar 90% dari 3 pengujian tersebut mendapatkan hasil sangat baik menunjukkan bahwa metode yang digunakan pada aplikasi dosen wali virtual sangat berguru.


Ketersediaan

2211/SKR-Ti/AKBA/21SKR/TI/2020 REF AST iPerpustakaan STMIK AKBA (A / 471)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR AST i
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xv + 74 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF AST i
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Muhajirin Dan Pembimbing II: Syaharullah Disa
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this