No image available for this title

Skripsi

Perancangan Sistem Monitoring Kualitas Udara Ruangan Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan Multisensor



Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat monitoring kualitas udara ruangan secara realtime berbasis Internet of Things (IoT). Microkontroler yang digunakan adalah wemos D1 mini denagn sensor MQ2 untuk mendeteksi Karbon Monoksida (Co), Asap, Gas LPJ sedangkan sensor DHT11 dan Sensor DS18B20 untuk membaca suhu temperature maupun kelembaban udara dan untuk tampilan interface menggunakan platfrom IoT.
Metode penelitian yang dilakukan yaitu wawancara dan pengujian langsung dilokasi Perusahaan CV. Anugrah Bahari Mandiri yang beralamat Jalan Kapasa raya, Daya, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan perancangan sistem monitoring kualitas udara ruangan berbasis internet of things menggunakan multisensor. Hasil pengujian dari sistem yang dibuat dan berdasarkan hasil kuesioner, diperoleh 80,7% kelayakan sustem. Sehingga sistem ini dapat dikatakan layak untuk digunakan.


Ketersediaan

2215/SKR-Ti/AKBA/21SKR/TI/2020 REF SAL pPerpustakaan STMIK AKBA (A / 473)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR SAL p
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xiv + 97 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF SAL p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Akbar Iskandar Dan Pembimbing II: Muhammad Sabirin Hadis
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this