No image available for this title

Skripsi

Metode Klasifikasi Tema Puisi Pada Website Menggunakan K-Nearest Neighbor (KNN)



Permasalahan pada saat melakukan klasifikasi tema puisi yang ada pada website (internet) masih dilakukan secara manual, sehingga pada penelitian ini memberikan cara otomatis pada saat klasifikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem yang mampu mengklasifikasikan puisi agar diketahui tema pada puisi dengan menggunakan metode K-Nearets Neighbor (KNN).
Data penelitian ini diperoleh melalui (1) Studi Pustaka, (2) Penelitian Lapangan, (3) Dokumentasi sebanyak 54 data, yakni 18 data uji dan 36 data latih. Data puisi yang digunakan dalam penelitian ini yang diperoleh dari berbagai situs di internet. Data analisis menggunakan script pemrograman PHP dan basis data di MySQL. Pengolahan data diawali denagn mengumpulkan data uji yang terdiri dari puisi tema cinta, tema ketuhanan dan tema perjuangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem klasifikasi puisi mampu melakukan klasifikasi tema yang terkandung dalam puisi yang dilakukan pengujian. Diperoleh hasil pengujian dengan 18 data uji, yakni dari 36 data latih dengan tingkat akurasi rata-rata 80,33% dengan nilai k=31.


Ketersediaan

2218/SKR-Ti/AKBA/21SKR/TI/2020 REF NUR mPerpustakaan STMIK AKBA (A/475)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR NUR m
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xvi + 64 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF NUR m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: First Wanita Dan Pembimbing II: Pasnur
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this