No image available for this title

Skripsi

Sistem Penentuan Kemiripan Antarskripsi Menggunakan Metode Cosine Similarity Pada Perpustakaan



Penelitian ini bertujuan merancang dan menerapkan sebuah sistem kemiripan antarskripsi pada perpustakaan untuk mempermudah mahasiswa dalam mencari kemiripan antarskripsi. Perancangan sistem penentuan kemiripan antarskripsi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan yaitu MySQL.
Data ini diperoleh dengan mencari referensi yang terkait dengan sistem pada jurnal, skripsi, buku dan beberapa artikel online serta melakukan pengambilan data skripsi pada perpustakaan STMIK Akba.
Adapun metode yang diterapkan dalam sistem penentuan kemiripan antarskripsi ini menggunakan metode cosine similirity dan confusion matrix. Dimana metode cosine similirity digunakan untuk menentukan nilai kemiripan antara kedua objek, dan metode confusion matrix digunakan untuk membandingkan antara dataset dengan hasil klasifikasi sesuai dengan data sebenarnya dengan jumlah data secara keseluruhan untuk mendapatkan presentase keakuratan.
Berdasarkan hasil penelitian serta pengujian sistem menggunakan cosine similirity dan confusion matrix didapatkan nilai rata-rata akurasi mencapai 97% dengan rata-rata waktu komputasi yaitu 0,277154 detik yang diukur dari data uji sebanyak 10 keywords dan dilakukan pengujian sebanyak 9 kali evaluasi pengujian (N=9).


Ketersediaan

2220/SKR-Ti/AKBA/21SKR/TI/2020 REF DES sPerpustakaan STMIK AKBA (A/477)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR DES s
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xiv + 55 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF DES s
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Andi Yulia Muniar Dan Pembimbing II: Agus Halid
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this