No image available for this title

Skripsi

Otomatisasi Irigasi Persawahan Di Desa Rantetarima Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa



Memiliki rumusan masalah bagaimana menggunakan Arduino Uno sebagai pusat pengendali dari sistem.Tujuan penelitian ini untuk merancang sistem irigasi persawahan secara otomastis berbasis Arduino Uno serta menghasilkan sistem irigasi persawahan secara otomatis di Desa Rantetarima berbasis Arduino Uno.diharapkan dapat semakin meringankan pekerjaan petani dalam proses irigasi sawah.
Metode penelitian ini merancang sistem otomatisasi irigasi persawahan dengan bantuan mikrokontroler, menguji sistem kontrol yang sudah dirancang, analisa kinerja rancangan, kemudian dilakukan pengujian sistem kontrol kembali (uji teknis) sampai mendapatkan rancangan yang diinginkan.
Hasil penelitian ini berupa otomatisasi irigasi persawahan yang memanfaatkan sensor Soil Moisture, sensor Water Level, Drive Motor dan Arduino Unosebagai komponen utamanya. Pompa pintu air 1 akan terbuka ketika kondisi tanah dalam keadaan kering dan ketinggian air pada area persawahan kurang dari 2 cm pada hari pertama usia tanaman sampai hari ke 14, serta kurang dari 15 cm pada hari ke 15 usia tanaman sampai hari ke 30, dan pompa pintu air 2 akan terbuka disaat air dalam area persawahan meluap, melewati ukuran 2 cm pada hari pertama usia tanaman sampai hari ke 14 dan melewati ukuran 15 cm pada hari ke 15 usia tanaman sampai hari ke 30. Akurasi kedua sensor pada sistem yang telah dibangun yaitu 98,3% untuk sensor Soil Moisture dan 88,3% akurasi dari sensor Water Level, dapat di implementasikan di Desa Rantetarima Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa.


Ketersediaan

2376/SKR-Ti/AKBA/22SKR/TI/2020 REF ERW oPerpustakaan STMIK AKBA (A/565)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR ERW o
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xiv + 54 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF ERW o
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I : Wabdillah Dan Pembimbing II : Randy Angriawan
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this