No image available for this title

Skripsi

Penerapan Teknik Web Scrapping Pada Google Scholar Untuk Analisis Topik Penelitian Jurusan Teknik Informatika



Salah satu permasalahan dalam pencarian topik penelitian Teknik Informatika, yaitu kesulitan dalam mencari tahu topik penelitian yang sedang tren berdasarkan jumlah sitasinya. Selain itu, pada fitur pencarian masih belum ada tampilan hasil pencarian berdasarkan kategori penerbit internasional atau nasional. Maka diperlukan analisis informasi untuk memetakan penelitian yang lebih cepat dan efisien.
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan teknik web scraping pada google schoolar, sehingga mampu memudahkan dalam mencari dan menganalisis topik penelitian teknik informatika. Data ini diperoleh melalui penelitian pada jurnal yang terdapat dalam google schoolar. Perancangan system ini menggunakan Bahasa pemrograman Python, dan MySQL sebagai basis datanya, serta untuk pengujian sistem ini menggunakan metode Black Box
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini memudahkan pencarian jurnal untuk kebutuhan penelitian teknik informatika pada google schoolar. Aplikasi ini mampu memberikan informasi jumlah kutipan yang akurat berdasarkan hasil pencarian artikel yang dikumpulkan dan berdasarkan hasil kuesioner dari 15 responden, nilai persentase yang didapatkan sebesar 94.93% sehingga masuk pada kategori sangat layak.


Ketersediaan

2381/SKR-Ti/AKBA/22SKR/TI/2021 REF PEB pPerpustakaan STMIK AKBA (A/569)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR PEB p
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xii + 46 hlm.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF PEB p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I : Nuraida Latif Dan Pembimbing II : Nurhajar Anugraha
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this