No image available for this title

Skripsi

Perancangan Chatbot Pusat Informasi Mahasiswa Menggunakan Artifical Intellegence Markup Language (AIML) Sebagai Virtual Assistant Berbasis Android Pada STMIK Akba



INTISARI
AFDAL, Perancangan chatbot pusat informasi mahasiswa menggunakan Artificial Intelligence Markup Language(AIML) sebagai Virtual Assistant STMIK AKBA berbasis Android (dibimbing oleh Suryadi Syamsu dan Akbar Hendra).
Permasalahan sistem yang berjalan saat ini masih menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu telegram sebagai vitual assistant yang menggunakan cara tradisional dalam melakukan interaksi yaitu menggunakan keyword atau perintah yang sudah ditentukan.
Penelitian ini dilakukan untuk merancang aplikasi chatbot berbasis android yang berperan sebagai virtual assistant untuk memberikan informasi kepada mahasiswa melalui smartphone dengan interaksi menggunakan bahasa sehari-hari.
Data ini diperoleh melalui (1) Penelitian Lapangan, (2) Studi Pustaka (3) Wawancara. Data analisis menggunakan script pemograman Kotlin dan data layanan AIML interpreter Pandorabots.
Hasil riset ini, menunjukkan sistem ini dapat dimanfaatkan untuk menjawab pertanyaan mahasiswa dengan menggunakan teknik grapmaster pattern matching dan AIML sebagai pusat data. Aplikasi chatbot sudah cukup baik, bermangfaat bagi pengguna dan dibutuhkan beberapa pengembangan sehingga dinyatakan layak berdasarkan pengujian yang dilakukan, dengan nilai rata-rata 81,33 % dari 10 responden.

Kata Kunci : Android, Chatbot, AIML, Pandorabot


Ketersediaan

2436/CD/SKR-Ti/22CD/SKR/TI/2021 REF AFD pPerpustakaan STMIK AKBA (A/654)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
CDSKR AFD p
Penerbit STMIK AKBA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xiii + 69 hlm.: ilus.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF AFD p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Suryadi Syamsu Dan Pembimbing II: Akbar Hendra
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this