Image of Pengembangan Sistem Informasi Pencatatan Dan Pelaporan Retribusi Sampah Secara Online

CD Skripsi

Pengembangan Sistem Informasi Pencatatan Dan Pelaporan Retribusi Sampah Secara Online



ABSTRAK
WAHDANIA NURARFIANI ASHARI, Pengembangan Sistem Informasi Pencatatan dan Pelaporan Retribusi Sampah secara online (dibimbing oleh Muhammad Arafah dan Andi Maulidinnawati AKP).
Sistem pencatatan retribusi sampah yang ada di Kecamatan Manggala Kota Makassar masih menggunakan pembayaran secara manual melalui kolektor yang menagih ke rumah-rumah warga dengan cara scan pembayaran yang tertera di aplikasi. Tapi sangat menyulitkan warga yang jarang di rumah atau melakukan perjalanan dinas keluar kota dan sulit bertemu dengan kolektor. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi yang memudahkan warga untuk melakukan pembayaran secara online. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang sebuah aplikasi pelaporan pembayaran retribusi sampah secara online. Data diperoleh melalui penelitian lapangan, wawancara dan studi pustaka. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP pada web dan embarcadero pada android, pengujian aplikasi menggunakan metode Black Box. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini layak digunakan berdasarkan pengujian yang telah dilakukan menggunakan kuesioner dan mendapatkan nilai rata-rata 87,5% dari semua responden.
Kata Kunci : Sistem informasi, web based, mobile based, retribusi sampah, scrum


Ketersediaan

2442/CD/SKR-Ti/22CD/SKR/TI/2022 REF WAH pPerpustakaan STMIK AKBA (A/659)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
CDSKR WAH p
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF WAH p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Muhammad Arafah Dan Pembimbing II: A. Maulidinnawati AKP
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this