Image of Penerapan Metode Multiple Attribute Decision Making Dalam Penentuan Penerimaan Bantuan Dana Pendidikan (Studi Kasus: Desa Kanjilo)

CD Skripsi

Penerapan Metode Multiple Attribute Decision Making Dalam Penentuan Penerimaan Bantuan Dana Pendidikan (Studi Kasus: Desa Kanjilo)



ABSTRAK

ARDIANSYAH RUSLAN, Penerapan Metode Multiple Attribute Decision Making dalam Penentuan Penerimaan Bantuan Dana Pendidikan (Studi Kasus : Desa Kanjilo) (dibimbing oleh Agus Halid dan Abd. Rahman).

Permasalahan yang terjadi adalah pemerintah menyalurkan berbagai program bantuan dana pendidikan salah satunya desa Kanjilo yang menerima program tersebut, tetapi dalam pelaksanaannya dirasa tidak sesuai harapan dikarenakan proses pendataan masih menggunakan cara manual yang dilakukan oleh tim pendataan RT/RW setempat, sehingga pengolahaan data memakan waktu lama dan menyebabkan sulitnya menentukan keluarga yang berhak dapat bantuan dana pendidikan. Maka dari itu perlu adanya sistem pendukung keputusan dalam penentuan penerima bantuan dana pendidikan yang dapat menjadi alat bantu dalam pengambilan keputusan yang dapat memudahkan pihak perangkat desa dalam proses pendataan penerima bantuan dana pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem pendukung keputusan penentuan penerima bantuan dana pendidikan serta mengimplementasikan pada kantor desa Kanjilo. Data ini diperoleh melalui penelitian lapangan, penelitian pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytic Hierarchy Process (AHP) dan metode Technique for Oder Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem ini dapat menentukan penerima bantuan berdasarkan hasil perangkingan dimana calon penerima tersebut masuk dalam kategori sangat layak, layak, dipertimbangkan, dan tidak layak dalam mendapatkan bantuan pendidikan yang dibuktikan berdasarkan hasil pengujian black box, RMSE, dan berdasarkan pengujian kuesioner mendapat nilai 85% yang menunjukkan sistem ini layak digunakan.

Kata Kunci: SPK, AHP, PHP, TOPSIS, Bantuan Dana Pendidikan


Ketersediaan

2505/CD/SKR-Ti/23CD/SKR/TI/2022 REF ARD pPerpustakaan STMIK AKBA (A/701)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
CDSKR ARD p
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF ARD p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Agus Halid Dan Pembimbing II: Abd. Rahman
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this