Image of Monitoring Jaringan Internet Selular Menggunakan Routerboard Mikrotik Dengan Sistem Realtime Berbasis Telegram

CD Skripsi

Monitoring Jaringan Internet Selular Menggunakan Routerboard Mikrotik Dengan Sistem Realtime Berbasis Telegram



ABSTRAK
MUH. ARIF SEFTIAN, Monitoring Jaringan Internet Celuler Menggunakan ROUTERBOARD Mikrotik dengan Sistem Realtime Berbasis Telegram. (dibimbing oleh Suryadi Syamsu dan Ratnawati).
Di era globalisasi ini perkembangan teknologi informasi di dunia sudah sangat berkembang dengan sangat pesat. Berbagai macam informasi bisa di akses melalui internet dan setiap orang bebas untuk mengakses informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem Monitoring jaringan internet seluler menggunakan router board mikrotik dengan Sistem realtime di Desa Padang Kec. Gantarang kab. Bulukumba. Metode pengembangan sistem digunakan metode Network Development Life Cycle ini berguna untuk menguji coba sistem apakah sesuai dengan output dengan rencana awal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan sebuah sistem monitoring jaringan dengan memanfaatkan telegram bot dengan menggunakan konfigurasi mikrotik. sedangkan hasil dari pengujian Monitoring dan notifikasi Telegram dan melakukan pengoptimalan setiap komponen yang telah dirancang sesuai dengan dengan yang diharapkan. Sistem Monitoring jaringan dengan notifikasi Telegram berhasil mengirimkan notifikasi dengan durasi rata-rata 5 detik dengan kecepatan akses internet 5.4 mbps dengan interval waktu yang telah di tentukan. Router Mikrotik dan bot telegram akan mendeteksi apabila terjadi masalah pada jaringan dan memberi notifikasi kepada administrator jaringan mengenai gangguan yang terjadi lebih cepat.
Kata kunci : Monitoring, Jaringan, Notifikasi Telegram bot.


Ketersediaan

2539/CD/SKR-Ti/23CD/SKR/TI/2021 REF MUH mPerpustakaan STMIK AKBA (A/731)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
CDSKR MUH m
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF MUH m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Suryadi Syamsu Dan Pembimbing II: Ratnawati
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this