Image of Analisis Load Balancing Dual Line Internet Dan Penerapan Fail Over Menggunakan Sistem Operasi Berbasis Jaringan

Skripsi

Analisis Load Balancing Dual Line Internet Dan Penerapan Fail Over Menggunakan Sistem Operasi Berbasis Jaringan



ABSTRAK

MUHAMMAD RIZAL, Analisis Load Balancing Dual Line Internet dan Penerapan Fail Over Menggunakan Sistem Operasi Berbasis Jaringan (dibimbing oleh Suryadi Syamsu dan Mursalim).

Permasalahan yang terjadi adalah koneksi internet yang belum stabil di Kantor BKPSDM Kepulauan Selayar, padahal koneksi internet tersedia dua jalur, sehingga sangat mempengaruhi saat pegawai melakukan pekerjaan yang selalu membutuhkan koneksi internet yang stabil. Maka dari ini dibutuhkan suatu sistem yang dapat membuat 2 koneksi internet tersebut menjadi stabil, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunakaan load balancing dual line internet dan fail over menggunakan mikrotik yang akan diterapkan pada Kantor BKPSDM Kepulauan Selayar. Dengan penerapan load balancing diharapkan koneksi internet akan menjadi lebih stabil dan merata ke semua client (hp/laptop) yang ada. Data diperoleh dari penelitian Pustaka dan penelitian lapangan. Dengan metodologi kuantitatif dan metode quasi quasi eksperimen, dimana dilakukan pengaturan konfigurasi load balancing dengan metode PCC dan fail over pada mikrotik. Hasil penelitian menunjukkan pengujian terhadap sistem setelah dijalankan, berupa pengujian download, streaming video dan melakukan ping, didapatkan hasil bahwa metode load balancing dengan PCC mempunyai kinerja yang bagus dan berhasil membagi beban trafik secara merata untuk semua koneksi dengan nilai rata-rata delay sebesar 38 ms, packet loss 0,165 %, jitter 8,12 ms dan throughput sebesar 17.811 Kbps.
Kata Kunci: Load Balancing, PCC (Per Connection Clasifier), Fail Over, Internet, Mikrotik, Download, Streaming


Ketersediaan

2642/SKR-Ti/AKBA/24SKR/TI/2023 REF MUH aPerpustakaan STMIK AKBA (A/746)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR MUH a
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xiii + 69 hlm.: ilus.; 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF MUH a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Suryadi Syamsu Dan Pembimbing II: Mursalim
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this