Detail Cantuman
Advanced Search
CD Skripsi
Aplikasi Pengenalan Rumus Matematika Bangun Ruang Dengan Augmented Reality Pada SD Negeri 9 Baru-baru Tanga Kabupaten Pangkep
ABSTRAK
FAHMI FATAHILLA. Aplikasi Pengenalan Rumus Matematika Bangun Ruang dengan Augmented Reality pada SD Negeri 9 Baru-Baru Tanga Kabupaten Pangkep (dibimbing oleh Erwin Gatot Amiruddin dan Andi M. Yusuf)
Permasalahan yang terjadi adalah hilangnya minat siswa dalam belajar matematika, terutama dalam memahami bentuk-bentuk bangun ruang sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk rasa bosan dengan metode pembelajaran yang monoton dan kesulitan dalam memahami rumus-rumus. Oleh karena itu, dalam proses belajar-mengajar, diperlukan elemen pendukung yang dapat menarik minat siswa agar mutu pendidikan dalam pelajaran matematika dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi seperti membuat aplikasi pengenalan rumus-rumus matematika bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan aplikasi Augmented Reality Rumus Matematika Bangun Ruang kepada Siswa Kelas 5 di SDN 9 Baru-baru Tanga, Kabupaten Pangkep. Data ini diperoleh melalui observasi lapangan, studi pustaka dan wawancara. Metode yang digunakan dalam pengembangan system adalah metode pemodelan berbasis Objek UML (Unifed Modelling Language) dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses perancangan Aplikasi pengenalan rumus matematika bangun ruang dengan augmented reality berbasis android terdapat beberapa tahap, yaitu: Pembuatan desain tampilan awal aplikasi, Pembuatan Marker, Pembuatan komponen objek bangun ruang 3D, Pembuatan tampilan Augmented Reality, Penyesuaian akhir tampilan aplikasi. Setelah melalui proses validasi, diperoleh hasil penelitian dari segi aspek materi rata-rata keseluruhan sebesar 3,31, dari aspek media rata-rata keseluruhan sebesar 3,30 dan dari aspek penyajian rata-rata keseluruhan sebesar 3,50. Hasil akhir yang diperoleh adalah 3,37, sehingga aplikasi pembelajaran ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran
Kata Kunci : bangun ruang, Augmented Reality, media pembelajaran, UML (Unified Modeling Language)
Ketersediaan
2817/CD/SKR-Ti/25 | CD/SKR/TI/2023 REF FAH a | Perpustakaan STMIK AKBA (A/903) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
CDSKR FAH a
|
Penerbit | UNITAMA : Makassar., 2023 |
Deskripsi Fisik |
xii + 86 hlm., 28,5 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
REF FAH a
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
Pembimbing I: Erwin Gatot Amiruddin Dan Pembimbing II: Andi M. Yusuf
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain