Image of Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Algoritma Fisher Yates Berbasis Android Pada Taman Kanak-kanak Darul Istiqamah

Skripsi

Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Algoritma Fisher Yates Berbasis Android Pada Taman Kanak-kanak Darul Istiqamah



ABSTRAK
ANDI BASO MUH. RUSLI NUR SYAHRIR, Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Algoritma Fisher Yates Berbasis Android Pada Taman Kanak-Kanak Darul Istiqamah (dibimbing oleh Erwin Gatot dan Tamra).
Bagi anak-anak Muslim, pembelajaran huruf Hijaiyah menjadi aspek pendidikan yang penting karena huruf Hijaiyah merupakan dasar dari bahasa Arab, yang merupakan bahasa Al-Quran. Namun, dalam Taman Kanak-Kanak Darul Istiqamah, terdapat masalah dalam pembelajaran huruf Hijaiyah, di mana penggunaan media konvensional seperti buku pembelajaran, bercerita, dan gambar huruf Hijaiyah telah berlangsung lama. Akibatnya, anak-anak mulai merasa bosan dan kurang tertarik dalam pembelajaran, sehingga kegiatan belajar tidak berlangsung secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat game edukasi pengenalan huruf Hijaiyah menggunakan metode pengacakan Algoritma Fisher Yates berbasis android pada Taman Kanak-Kanak darul istiqamah dan mengimplementasikan algoritma pengacakan fisher yates pada game edukasi huruf Hijaiyah. Metode perancangan dari game ini menggunakan model perancangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penelitian ini menghasilkan game edukasi untuk pengenalan huruf hijiayah dan angka arab game ini dirancang memuat konten pembelajaran seperti pengenalan huruf dan angka arab satu-persatu, semua huruf dan angka, menulis huruf dan angka, dan konten permainan seperti menebak huruf dan angka arab, menyusun huruf dan angka, dan mencocokkan huruf dan angka. Game ini di implementasikan menjadi file APK untuk platform android dan telah diuji kepada anak Taman Kanak-Kanak Darul Istiqamah dengan hasil pengujian diperoleh melalui kuesioner yang menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sebesar 87%.
Kata Kunci : Game Edukasi, Huruf Hijaiyah, Algoritma Fisher Yates, Model ADDIE, Construct 2


Ketersediaan

2843/SKR-Ti/AKBA/25SKR/TI/2023 REF AND gPerpustakaan STMIK AKBA (A/866)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR AND g
Penerbit UNITAMA : Makassar.,
Deskripsi Fisik
xiv + 103 hlm., 28,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
REF AND g
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
Pembimbing I: Erwin Gatot Amiruddin Dan Pembimbing II: Tamra
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this